Pemanfaatan Botol Bekas sebagai Media Tanam Toga guna Mendukung Giat Inovasi “LIPSTIK” (Lingkungan bebas sampah Plastik )

13 Jan

Peduli dengan kesehatan masyarakat, Kepala Puskesmas Air Itam beserta staff nya melakukan kegiatan menanam tanaman obat keluarga (toga) di Pekarangan Puskesmas Air Itam Kec Penukal, Jumat (13/1) dengan tema mari bertanam toga dengan inovasi Lipstik (Lingkungan bebas sampah Plastik). Kegiatan ini dimulai pukul 8 hingga 12.

Ide penanaman toga ini dengan tema Lipstik muncul karena melihat begitu banyak sampah plastik selain dapat dijadikan media tanam, pemanfaatan botol bekas juga dapat mengurangi sampah rumah tangga serta mampu menjadikan nilai ekonomis, sebab jika menggunakan barang bekas kita tidak perlu membeli bahannya karena dapat diperoleh secara gratis.Cara pemanfaatan botol bekas untuk media tanam cukup mudah. dapat digunakan sebagai media untuk menanam sayuran, bunga kecil maupun jenis lainnya yang sesuai, juga bisa dimanfaatkan untuk pembibitan sampai tanaman yang sudah produksi.

Seperti yang sudah diketahui, tanaman toga merupakan beberapa jenis tanaman obat yang dapat ditanam dengan mudah di pekarangan rumah ataupun di pot plastik. Tanaman-tanaman toga sendiri terdiri dari jahe, kunyit, lidah buaya, daun sirih, dan masih banyak lagi. Keberadaan tanaman toga ini banyak membawa manfaat baik bagi kesehatan, salah satunya mudah diolah menjadi minuman herbal.

Target utama Puskesmas Air Itam adalah untuk mengajak masyarakat sekitar agar tertarik untuk memanfaatkan limbah plastik seperti botol bekas menjadi suatu inovasi yang menarik dan bermanfaat. Menurut Marlina,SKM,MKM , selaku Kepala Puskesmas Air Itam, peran ibu-ibu sangat penting dalam keluarga. Nantinya setelah kegiatan ini, diharapkan ibu-ibu di Lingkungan Wilayah Air Itam dapat menanam tanaman toga di pekarangan rumahnya masing-masing. Selain itu, kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk menjaga, membudidayakan dan melestarikan tanaman obat Indonesia yang kemungkinan mengalami kepunahan.

Tags:
Share:
Leave comment

Alamat

Jln. Perintis Kemerdekaan Desa Air Itam, Kec. Penukal, Kab. Penukal Abab Lematang Ilir

085267154707 - Ali Hasan

Call us today!

Opening Hours

Senin- Kamis: 8:00 - 16:00
Jumat: 8:00 - 16:30
UGD: 24 Jam Setiap Hari